Sabtu/15/10/2022, Sebagai upaya meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan web & sosmed yang efektif dan efisien serta cara mengoptimalkan web & sosmed agar lebih informatif dan komunikatif dalam membuat konten yang bermanfaat sebagai investasi kesehatan pengetahuan masyarakat, khususnya warga Tabagsel di Lingkungan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Humas UIN Syahada adakan Workshop selama 2 hari (15 s.d 16 Oktober 2022) di Sekretariat AIPT.

Turut Hadir sebagai Narasumber pada kegiatan ini yaitu Sukri Falah Harahap (Ketua PWI Tabagsel) dan S. Sulaiman Tanjung, S.Ag., M.Pd dari jakarta sebagai narasumber pada hari kedua. Adapun yang menjadi peserta pada kegiatan ini, semua pengelola website dari fakultas dan unit/lembaga sebanyak 25 orang yang sudah di SK kan Rektor.

Workhshop dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (Dr. Anhar, M.A), dihadiri Kepala Biro (Ali Murni, M.AP) dan Plt Dekan FASIH (Dr. Ahmatnijar, M.Ag) serta Koordinator Humas UIN Syahada (Ratonggi Hasibuan, M.A) Sekaligus Penyelenggara Kegiatan.

Dr. Anhar, M.A dalam sambutannya menyampaikan di zaman sekarang ini semua orang dituntut agar menguasai teknologi digital terutama dalam pengelolaan website dan media sosial kampus, karena sangat berguna bagi kemajuan dan informasi dari suatu universitas.

Dalam rangka memajukan hal tersebut, dibutuhkan pendekatan transdisipliner yaitu kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk praktisi seperti dibidang hukum, ekonomi, jurnalis dan lainnya. “Dalam mendapatkan hasil yang maksimal harus melibatkan beberapa pihak yang ahli dibidangnya, tidak bisa mengandalkan satu orang saja”, tuturnya.

Ketua PWI Tabagsel menyampaikan media merupakan sarana informasi yang memuat tentang peristiwa/kejadian pada suatu waktu tertentu. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat masyarakat lebih cepat mengakses informasi, sehingga timbul persaingan dalam menyampaikan berita ke publik.

Oleh karena itu, diharapkan kepada semua pengelola website agar berhati-hati dalam dalam membuat berita, tertutama yang berkaitan dengan citra kampus yang dipublis ke publik. “kesalahan sedikit saja, akan berimbas pada nama baik dan universitas” tandasnya. (lan.lpm_uinsyahada)